Semanggi Suroboyo ada di Ibukota

Senin, 31 Agustus 2015

Semanggi Suroboyo ada di Ibukota

Semanggi atau bisa juga disebut Pecel Semanggi merupakan kuliner khas Surabaya Jawa Timur, yang berisi daun semanggi dikukus dan biasanya disajikan menggunakan kecambah (toge), kangkung serta dilengkapi dengan kerupuk uli yang terbuat dari beras, dilumuri saus yang terbuat dari ubi jalar dan sambal pedas terbuat dari gula jawa, terasi,serta cabai yang nikmat tentunya.

Penjual Semanggi Surabaya kalau dikota asalnya sangatlah mudah dikenali karena identik menggunakan jarit dan selendang untuk memanggul dagangannya. Macam sayuran yang digunakan ada dua macam, yaitu berupa daun semanggi sendiri serta kecambah (toge) yang direbus.Sebagian besar penjaja kuliner ini berasal dari Desa Kendung, Benowo, didaerah pinggiran Kota Surabaya berbatasan dengan Kota Gresik sehingga daerah ini dikenal sebagai kampung Semanggi. Sebagian besar warganya berprofesi sebagai penjual Semanggi dengan membudidaya tanaman Semanggi dilahan mereka dan dijual dengan keliling dengan keluar masuk kampung-kampung menjajakannya secara berkelompok dan menyebar ke berbagai pelosok di Kota Surabaya sekitarnya.

Makanan ini sangat khas sebagai kuliner Kota Surabaya dan jarang ditemui diluar kota asalnya. Menu ini bahkan sering disebut dalam kisah-kisah (lakon) ludruk Suroboyoan, bahkan ditulis pula dalam sebuah lagu daerah Surabaya berjudul Semanggi Suroboyo.

Semanggi Suroboyo ada di Ibukota

Jangan lewatkan kuliner khas Surabaya di PAWON MEMEZ sambil menikmati sajian menu kami. Anda juga dapat berkumpul dengan warga Surabaya khususnya dan Jawa Timur pada umumnya untuk berbagi tentang Rasa, Budaya dan Bahasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading