Lontong Kupang di Jakarta dan Depok

Minggu, 30 Agustus 2015

Lontong Kupang di Jakarta dan Depok

Lontong kupang atau juga disebut kupang lontong merupakan nama makanan khas didaerah Jawa Timur. Di daratan pesisir timur daerah Jawa Timur, lontong kupang yang terkenal adalah Kupang Keraton. Nama Keraton ini diambil dari suatu nama daerah atau nama kecamatan di wilayah Kabupaten Pasuruan. Sudah sejak lama penduduk daerah ini mencari dan berdagang kerang kupang. baik dijual mentah maupun disajikan berupa kuliner.

Lontong Kupang atau Kupang Lontong menggunakan bahan utama kupang putih , yang dalam bahasa latin disebut Corbula Faba H, yaitu binatang laut sejenis kerang namun bentuknya kecil kira-kira sebesar biji beras. dalam penyajiannya Kupang dikupas dan dimasak, ditambahkan lontong dan lentho, serta ditambahkan kuah petis dan untuk lebih menggugah selera ditambahkan perasan jeruk nipis juga ditambahkan dengan sate kerang.

Kupang sendiri memiliki kandungan yang baik bagi tubuh antara lain sumber asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh. Terdapat juga kandungan mikronutrien yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu zat besi dan zat zinc/seng, asam lemak esensial, linoleat, eikosapentanoat, asam dokoheksanoat. Asam lemak esensial omega-3 membentuk komponen yang dapat melancarkan peredaran oksigen serta nutrisi makro, sehingga sangat membantu dalam pembuangan sisa metabolisme karbondioksida dari sel, serta sangat efektif juga dalam mengurangi kerusakan otot yang mengkonsumsinya. Zat besi juga dibutuhkan dalam tubuh untuk pembentukan sel darah merah, sedangkan Zinc merupakan komponen penting dalam beberapa enzim untuk metabolisme tubuh.

Banyak kandungan Lontong Kupang yang bermanfaat bagi tubuh, maka jangan lupa mampir di PAWON MEMEZ untuk menikmati sajian kuliner khas Surabaya. Kini Lontong Kupang di Jakarta dan Depok bisa dinikmati. Sambil menikmati sajian menu kami Anda juga dapat berkumpul dengan warga Surabaya khususnya dan Jawa Timur pada umumnya untuk berbagi tentang Rasa, Budaya dan Bahasa.

8 komentar

  1. boss yang di depan kantor pos jl fatmawati pindah kemana sih ? bingung carinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di cipete gan.. cari aja di google pasnya, ada kog

      Hapus
    2. dijakarta timur ada pak... @kuliner_kupanglontong
      dan bisa buka di google maps

      Hapus
  2. Kalau di tangerang, ada ga ya? Lontong kupang..

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. dijakarta timur ada gan... cijantung buka ig aja "ketik' Kupang lontong Jakarta

      Hapus

 

Blogger news

Blogroll

Most Reading